Rabu, 09 Februari 2011

sebuah catatan (maunya jadi tulisan utuh, yah maunya yg mboten-mboten aja)

“Persetan dengan semuanya, bedebah kalian, murkaku menghujam setiap pori2, merangsek merobek setiap lembaran kulit, menusuk menembus menggetarkan dan meretakkan tulang belulang! Galau ku meremas jantung dan membuncahkan darah hitam hatimu! Bagai dihujani ribuan jarum yang siap menembus ulu hati! Aaarrgghhh… teriakan sekeras mungkin kebencian merasuk raga belantara hutan imajinasi! Persetan kaliaaan!!! Aku berlari dan memaki, aku mencaci lalu sembunyi. Aaarghh, marahku telah sampai ujung bibir, bergejolak dan bertahan hingga titik nadir! Benciku membeset kulit membetot nadi dan menyentuh dasar hati!

Dan matilah aku dalam kegetiran…”


Kenapa sulit kendalikan hati ini, ingin rasanya melampiaskan semua amarah yang membakar dada sedari dulu, ada apa ini? marah sedangkan tak tahu apa sebabnya, aarrgghh, cinta itu sampah! Cinta itu konyol! Cinta itu bedebah! Cinta itu bodoh! Cinta itu penyakit! Dan cinta itu sakit jiwa!

Diawali dengan kalimat sumpah serapah, semenjak siang ini rasanya dibayangi jutaan kebencian yang ada disekitar tubuhku, auranya hanya tersisa yang negative, terkadang bingung ingin mengeluarkan seluruh amarah tetapi sulit untuk terlampiaskan, yang ada hanya diam dan terkadang orang sekitar yang menjadi sasaran,

Mungkin awal permasalahan bermula ketika gagalnya sebuah rencana, lebih tepat imajinasi yang telah lama dan sempat akan terealisasi namun kandas begitu saja, dan semua itu selalu saja berkorelasi dengan sebuah kata yang memang menjadi bahan masalah buatku akhir-akhir ini. “cinta”.

Dea, nama itu yang selalu hadir disetiap tarikan napas dan denyutan nadiku. Aku lupa pastinya kapan mulai menyukai gadis ini, rasa itu tiba-tiba sudah bersemi, entah siapa yang mengijinkan rasa itu hadir namun yang ku tahu perasaan itu sudah tumbuh subur di dalam hati, jika ditanya kenapa aku menyukai Dea, ooh… sampe sekarang akupun tak pernah tahu akan hal itu, pertanyaan yang sangat sulit buatku, mungkin karena Dea adalah sosok gadis yang tegas, tegar, berani, ceria dan akupun bingung,hahaha… tetapi bukan itu alasanku menyukainya, entah mengapa Dea menjadi sosok yang sangat penting dan berarti buatku, dan semenjak itu, aku selalu canggung jika berhadapan dengannya, tak pernah sekalipun bersikap wajar dihadapannya, malah terkadang menurut teman-teman raut wajahku terlihat ketus di depan Dea. Aku bener-bener tak tahu kenapa seperti ini, serasa ada gempa tektonik lokal jika di dekatnya.

Aku selalu gugup jika bersamanya meskipun Dea sedikitpun tak pernah menyadari hal itu, menyadari akan keberadaanku. Aku selalu ingat moment-moment yang menurutku penting saat bersamanya meski di kamusku tak ada category selain “penting” jika menyangkut Dea dan mungkin ia juga tak menyadari hal itu. Aku adalah orang yang pelupa, terkadang jika aku menaruh sebuah benda di suatu tempat, lima menit kemudian benda itu bisa raib dengan sukses dari ingatanku, tapi lain halnya ingatanku terhadap Dea. Mungkin space daya ingatku terserap hanya pada satu objek saja, ya sepertinya begitu.Dealah satu-satunya objek itu,

Aku masih ingat setiap detik saat aku bersamanya, mungkin bagi Dea itu hal yang biasa saja namun sebaliknya, bagiku juataan kali lipat lebih berarti, aku selalu mendokumentasikan semua moment bersamanya dalam sebuah buku catatan, buku catatan yang selalu kubawa kemana aku pergi,

Aku pandangi buku catatan yang sudah kusam ini, yang senantiasa setia menemaniku, perlahan aku buka lembar demi lembar, yups, mataku tertuju pada satu buah catatan.


Bogor, 11 desember 2008, sehabis hujan ringan jam 19.25

She makes me blublublub…


Hari itu seperti biasa gw berangkat kuliah dari kosan. jadwal kuliah hari itu ialah Teori Makroekonomi tau sendiri kan bang note, tempat jauh bener, bikin males kalo jalan kaki, itu lho di lantai 5 diruangan yang paling ujung banget.

Bang note kan tau kalo Gw biasa berangkat 30 menit sebelum kuliah dimulai. Nah, untuk menuju kesana gw lewat rute melalui taman kampus, soalnya biar enak aja pagi-pagi lewat taman, betul ga bang note? Nah tadi pas ditengah perjalanan gw ketemu sama temen gw, jenis kelaminnya cewe bang, ketemu di deket jalan menuju taman, tapi gw lupa namanya siapa, ntar bang note pengen kenalan lagi..hehe, bacanda.

Tau ga bang note, tadi dari kejauhan gw liat ada seorang gadis yang lagi duduk di taman, meskipun dari kejauhan tapi gw yakin dengan seyakin2nya kalo gadis itu adalah Dea, siapa lagi kalo bukan gadis yang gw suka, jangan pura-pura ga tau deh bang note, Dea kan satu-satunya nama yang paling sering gw ukir di badan bang note. Dia duduk di tangga-tangga deket rumah kaca, dari jauh hati gw udah dag dig dug duer..serasa banyak burung pipit diatas kepala gw nih bang, terus lambat laun berubah jadi bintang2 kecil warna kuning yang masih muter2 di kepala gw. yah gw doang sih yang ngerasain, gugup, speechless, pokoknya dah ga enak hati, tapi disisi lain gw luar biasa seneng, karena gw bisa liat Dea, liat DEA, bayangin aja sendiri, gw seneng mampus deh… tapi gw kesulitan ngungkapin rasa seneng gw nih, dan akhirnya seperti biasa, hanya diam dan tanpa ekspresi. Pas gw berdua jalan deketin Dea, temen gw ngajak dia jalan sama2 ke tempat kuliah,eh Dea mau, dan akhirnya Kita bertiga jalan bareng ke tempat kuliah TeMak (Teori Makroekonomi), posisi dia berdua jalan di depan, gw dibelakangnya. Perlu tau bang note, hari itu dia pake kerudung warna biru muda dan bajunyapun dengan warna yang sama. Cantik deh… hihi…jarang2 gw ungkapin kata ini, dan yang lebih bikin gw kagum lagi. Ternyata waktu dia duduk ditangga tadi, percaya ga bang note? dia lagi baca Al-Matsurat, sungguh lengkap keindahan yang gw dapet hari itu. Tapi bukan sampe disitu aja, mari dilanjutkan…

Pas kita bertiga sampe di ruangan kuliah, lama juga kita nunggu, gw duduk diluar coz gw ga bisa kalo didalem bareng Dea, gw bisa keliatan banget gugupnya,tau sendiri kan, bisa ada gempa tektonik di dada gw…skali lagi, TEKTONIK, jadi ya diluar aja. Akhirnya muncul satu orang lagi, yang ini gw masih inget namanya. “Wulan” dia mahasiswi jurusan ekonomi, hehe..secara dia suka nagih duit potokopi inilah, itulah...akhirnya tinggalah berempat disana, dan gw tetep diluar aja. Setelah lama-kelamaan ga pernah muncul lagi batang hidung yang namanya manusia alias mahasiswa-mahasiswa yang biasa duduk bareng dengerin khotbahnya pak wayan, itu lho bang note, dosen yang sukanya marah-marah kalo mahasiswanya datang telat. Akhirnya lama kelamaan kitapun berempat baru sadar, bahwa kita adalah korban kesalahan jarkom (Jaringan Komunikasi) alias yang ga kebagian sms informasi kalo hari ini ga ada kuliah Temak. Akhirnya satu persatu dari kami meninggalkan ruangan, oiya, gw baru inget, kalo ga salah temen cewe gw itu namanya Yenni. Yups..pertama dia pulang disusul oleh si Wulan…dan gw masih tetep diluar, dan satu orang lagi di dalem, siapa lagi kalo bukan gadis itu…gadis yang gw suka… disini hal yang ga gw lupain,

Dea keluar sambil bawa tas gw, karena tadi pas datang gw cuma sempet naro tas dan langsung ngeloyor keluar. Dea bawain tas gw dan ngajak pulang, gw cuma bisa nunduk dan jawab..”iya..” udah itu aja, tapi sepertinya Dea ga sadar dengan rasa canggung gw. Tak apa-apa.. Dea ga perlu tau hal itu, yups, Dea bawain tas gw..BAWAIN TAS GW!!! hehe..terus kita pulang dan jalan bareng, tapi gw ga bisa jalan disampingnya, jadi gw berusaha jalan aga cepet di depan, ya..didepan Dea, tapi akhirnya pas deket tangga, satu lagi momen yang paling gw inget, Dea narik tas gw dan bilang, “jalannya jangan cepet2, tungguin…” aarrgghh.. ya ampuuuun sebenernya kalo Dea jalan dengan kecepatan 1 meter/jam pun dengan senang hati bakalan gw tunggu, ampe besok pun tetep gw tunggu, tapi waktu itu gw hanya bisa menundukkan wajah dan bilang,” iya…” just it. Dan kita jalan bareng sampe lewatin taman berdua, BERDUAA!!! Kebayang ga bang note senengnya gw??? Yah, tapi kita berpisah disitu, Cuma sebentar,dan Cuma itu aja, itu aja dan biasa bagi bang note, tapi sangat berarti bwt gw,Cuma buat gw dan bukan bwt Dea… sekali lagi gw ucapin terimakasih atas kesalahan jarkom ini…Thanks…



2 komentar:

  1. Mantap gan..
    Gw suka bagian awal pas lo ndeskripsiin esmosi yg udh muncak..
    Lanjut ad, ntar dikumpulin jadi 1 novel nih, hehe

    BalasHapus
  2. tenkyu yah, tengkyu juga teman dah luangin waktu buat mampir...

    BalasHapus